Manusia Antik

Manusia Antik

Selasa, 17 Agustus 2010

BREAKFAST FACTS

Pasti cuma sedikit dari kita yang lupa mandi atau gosok gigi pas pagi hari. Tapi kalau sarapan?

Hmm…belum tentu. Adaaaa saja alasan kita buat nggak makan pagi. Baca dulu fakta ini sebelum memutuskan nggak sarapan:

• Dengan sarapan, tubuh kita mendapatkan glukosa yang bisa menaikkan kadar gula dalam darah dan punya dua manfaat. Pertama, mensuplai tenaga ke semua jaringan otot. Kedua, bikin otak kita tokcer dan badan jadi kuat. Kalau kita suka lemas atau sulit konsen di sekolah, coba ingat-ingat…tadi sarapan nggak?

• The American Dietetic Association menyatakan bahwa di antara tiga kali waktu makan, sarapanlah yang paling penting. Kenapa? Karena kalau diibaratkan, sarapan itu seperti “isi bensin” setelah perut kita kosong selama 8-10 jam. Makanan ini diperlukan buat mengaktifkan daya kerja tubuh kita. Jadi lebih semangat dan nggak gampang capek.

• Normalnya, saat sarapan tubuh membutuhkan 25% dari jumlah kalori sehari. Let’s say kebutuhan kalori kita 1.800 Kal per hari, berarti sarapan kita harus mengandung 400-500 Kal. Contoh: Nasi dengan telur, sayur, dan satu apel. Hindari sarapan all-carbs (semua karbohidrat), ya. Harus ada pendampingnya!

• Penelitian Dr. Ronald Kleinman dari Harvard Medical School menjelaskan, siswa yang sarapan biasanya lebih berprestasi di sekolah, kreatif dan aktif di kelas, serta jarang bolos. Berbanding terbalik dengan yang nggak suka sarapan.

• Buat yang pengin kurus, sarapan bisa jadi obat mujarab. Karena, dengan makan pagi, perut kita akan terasa penuh lebih lama. Hal ini bisa menghindarkan kita dari keinginan buat ngemil. Selain itu, karena nggak merasa terlalu lapar, porsi makan siang dan makan malam kita jadi nggak lebay!

Nah, kamu sendiri gimana? Menu sarapan apa yang paling favorit buat kamu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cantikan siapa.??

JB itu lebih cocok singkatan untuk siapa?

Arin cantik apa gak.?? [Jujur.!!]